Download Capaian Pembelajaran (CP) - Fase E SMK - Kurikulum Merdeka Berdasar SK BSKAP 033

KLINIKGURU.com – Kepmendikbudristek No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran menjadi dasar diimplementasikannya Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kurikulum merdeka diterapkan untuk memulihkan kembali pembelajaran yang sempat terdampak pandemi selama dua tahun terakhir. Kurikulum merdeka adalah langkah tranformasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memiliki profil pelajar pancasila. Kurikulum merdeka merupakan suatu pendekatan dimana siswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Kurikulum ini mengedepankan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam penerapan kurikulum merdeka kita akan mengenal istilah Capaian Pembelajaran atau sering disingkat CP. Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. Capaian pembelajaran ini disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan atau SKL serta Standar Isi seperti Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Capaian pembelajaran dirumushkan dalam bentuk fase dan harus diselesaikan setiap tahap, bukan per tahun. Capaian pembelajaran selalu berpusat pada siswa, bukan ketuntasan materi. Hal tersebut sesuai dengan ungkapan Mendikbud Nadiem Makarim yang mencanangkan bahwa kurikulum merdeka mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah bersifat student centered learning. Capaian pembelajaran berisi kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif sesuai fase usia. Jenjang SMK termasuk dalam Capaian Pembelajaran Fase E (kelas X) dan Fase F (kelas XI dan XII). Capaian Pembelajaran ini terdiri dari beberapa poin diantaranya :
  1. Rasionalitas Capaian Pembelajaran
  2. Tujuan Capaian Pembelajaran
  3. Karakteristik Pembelajaran
  4. Lingkup Capaian Pembelajaran

Berikut kami bagikan Capaian Pembelajaran terbaru untuk Fase E Jenjang SMK berdasarkan SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala BSKAP Nomor 003/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.


- PREVIEW FILE :


- DOWNLOAD :


Demikian yang dapat kami bagikan berkaitan dengan Capaian Pembelajaran Fase E SMK. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya. Jangan pernah lelah untuk berbagi kebaikan, salam ~

"Jika ada LINK DOWNLOAD yang error / tidak bisa diakses, tertukar file, atau ada beberapa kesalahan/kekeliruan dalam penyampaian informasi bisa sampaikan melalui komentar dibawah atau melalui email kami di klinikguru@gmail.com untuk segera kami perbaiki. "

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

3 Komentar