Serba-Serbi : Beberapa Tools/Website Bermanfaat untuk Menunjang Pembelajaran bagi Guru

KLINIKGURU.com - Halo rekan pendidik, semoga selalu dalam keadaan baik. Kali ini Min-KG kembali dengan membahas beberapa tools atau website yang tentunya bermanfaat dan bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Sebenarnya ada banyak tapi agar artikel ini tidak terlalu panjang maka beberapa dulu yang bisa ditulis. Oiya mungkin ada dari rekan semua ada yang sudah tahu dan familiar dalam penggunaanya dan mungkin juga ada yang belum tahu sama sekali, maka lewat artikel ini kami bagikan agar makin banyak hal yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dan kedepan bisa saja kita bahas mengenai penggunaan AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan buatan dalam pembelajaran dan pendidikan. Baik, berikut adalah beberapa list tools / website yang bisa menunjang pembelajaran sahabat pendidik semua dalam menyusun materi hingga latihan soal.


TAK ADA SEKOLAH TUK JADI ORANG TUA | Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan, baik persiapan fisik, emosi-psikologis, dan terutama persiapan lewat pengetahuan.
Sharing is Caring!


1. Google Forms

    Platform satu ini mungkin sudah banyak yang menggunakan bahkan jadi salah satu platform yang paling sering digunakan, baik di pendidikan maupun lainnya. Dengan Google Forms, memungkinkan bagi guru untuk membuat kuis dan survei yang dapat diakses secara online, baik itu pilihan ganda, jawaban singkat, dan pertanyaan terbuka lainnya. Fitur Google Forms yang bermanfaat bagi guru sendiri adalah adanya laporan dan analisis data yang membantu guru dapat memantau kemajuan pemahanan setiap responder atau murid.




2. Quizlet

    Quizlet juga sebuah platform online yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran, termasuk dalam menyusun latihan soal. Fitur yang disediakan seperti membuat kartu flash, menghasilkan ujian online, dan mempelajari kata bahasa asing. Saat guru membuat flash card, guru dapat menulis soal dan jawaban, sehingga murid dapat menguji disi mereka dan memperkuat pemahaman materi yang sudah diajarkan. Selain itu juga memungknkan guru membuat ujian online yang dapat dikustomisasi, termasuk pilihan ganda, jawaban singkat, pertanyaan salah atau benar dan lain sebagainya.




3. Kahoot

    Kahoot adalah platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan guru untuk membuat kuis yang menyenangkan dan interaktif untuk murid. Guru dapat membuat pertanyaan dan jawaban, dan murid dapat mengakses melalui perangkat mereka. Kahoot juga memiliki banyak fitur menarik seperti leaderboard dan timer, yang membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan mengasyikan.




4. Edpuzzle

    Selanjutnya ada Edpuzzle yang juga merupakan platform pembelajaran berbasis video yang memungkinkan guru membuat soal interaktif pada video pembelajaran. Guru dapat menambahkan pertanyaan relevan terkait video materi, yang dapat membantu memastikan bahwa murid sudah paham dengan materi yang sedang diajarkan. Edpuzzle juga menyediakan laporan yang tentunya membantu guru memonitoring kemajuan pemahaman setiap murid.




5. Socrative

    Terakhir di artikel kali ini adalah Socrative. Ini merupakan platform online yang memungkinkan guru dapat membuat kuis dan survei dalam berbagai jenis seperti pertanyaan singkat, pilihan ganda, jawaban singkat dan pertanyaan salah atau benar. Socrative memungkinkan juga untuk melakukan pemantauan terkait kemajuan perkembangan murid dan dapat memberikan umpan balik secara langsung dalam platform.




Nah mungkin itu saja artikel terkait Tools/Website Penunjang Pembelajaran yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Tentu dengan perkembangan teknologi yang semakin modern membuat banyak sekali pemanfaatan media teknologi untuk memajukan kualitas pendidikan. Oleh karenanya sebagai pendidik di era teknologi ini jangan berpuas hati dengan keadaan pembelajaran saat ini, kita musti tetap siap untuk belajar agar tetap up to date dalam pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Terimakasih. Sharing is Caring!
"Jika ada LINK DOWNLOAD yang error / tidak bisa diakses, tertukar file, atau ada beberapa kesalahan/kekeliruan dalam penyampaian informasi bisa sampaikan melalui komentar dibawah atau melalui email kami di klinikguru@gmail.com untuk segera kami perbaiki. "

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar